Penjumlahan Pada Excel

Posted by Yogi Hansen Senin, 02 Mei 2011 18.24
Setelah berlatih membuat rumus penjumlahan dalam satu sheet, untuk tahap selanjutnya bagaimana caranya untuk menjumlahkan beberapa data dari sheet yang berbeda?


Caranya sangat mudah, untuk jelasnya kita akan langsung berlatih menjumlahkan data antar sheet.
1.Pada Sheet1 kolom A1 sampai A5 ketikkan angka 1
2.Lalu pindah pada Sheet2, pada kolom A1 sampai A5 ketikkan angka 2
3.Hasilnya akan tampak seperi ini :

Sheet1

Sheet2

4.Setelah itu klik Sheet2 kolom B5 (atau di mana kita akan menempatkan hasil penjumlahan tersebut) dan ketikkan rumus untuk menjumlahkan angka-angka yang ada pada Sheet1 dan Sheet2 dengan rumus seperti ini : ”=SUM(Sheet2!A1:A5)+SUM(Sheet1!A1:A5)”

Sheet2

5.Tips: Ketika akan memasukkan cell-cell yang akan dijumlahkan, bisa dilakukan dengan cara memblok cell-cell tersebut (A1:A5), begitu pula ketika akan mengetikkan/memasukkan cell-cell pada sheet yang berbeda, kita bisa langsung menklik sheet tersebut dan memblok cell-cell yang ingin dijumlahkan.

0 Response to "Penjumlahan Pada Excel"

Posting Komentar


ShoutMix chat widget

Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini